Literatur Review: Peran Penanaman Pendidikan Ekonomi Biru Kepada Masyarakat Pesisir di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Mengembangkan Ekonomi Lokal Berkelanjutan

Vera Maria(1), Anis Malihatin(2), Aprillia Aprillia(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tentang upaya penanaman Pendidikan ekonomi biru kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan ekonomi berkelanjutan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dengan Fokus pada konsep ekonomi biru, penelitian ini mengeksplorasi manfaat Pendidikan ekonomi biru bagi masyarakat DIY serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses implementasinya. Melalui tinjauan literatur dan analisis data, penulis mengungkapkan bahwa Pendidikan ekonomi biru memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesadaran akan potensi ekonomi laut, meningkatkan kesadaran akan potensi ekonomi laut, meningkatan peluang pekerjaan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman masyarakat tentang konsep ekonomi biru menjadi hambatan dalam pengimplementasiannya. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penulis menyarankan pendekatan yang berbasis pada konteks lokal, dan upaya untuk mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat secara bertahap. Dengan memahami hal tersebut, diharapkan terbentuknya strategi yang efisien untuk meningkatkan laju pembangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Keywords


Pendidikan Ekonomi Biru, Daerah Istimewa Yogyakarta, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

References


Banu, N. M. (2020). KONSEP BLUE ECONOMY TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA. EKONIS Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Darajati, M. R. (2023). Ekonomi Biru: Peluang Implementasi Regulasi Di Indonesia. TheJournalish: Social and Government, 41-53.

Dwidyah Rini, S. Y. (2022). Pemberdayaan Kaum Perempuan dalam Pengembangan Model Bisnis Berbasis Ekonomi Biru. Jurnal Karinov, 70-74.

Iswardhana, M. R. (2023). ANALISIS TATA KELOLA MARITIM INDONESIA: IMPLEMENTASI VISI PEMERINTAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Indonesian Maritime Governance Analysis: Implementation of the Vision of the Yogyakarta Special Region Government). Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Peikanan, 125-139.

Maeyangsari, D. (2023). Ekonomi Biru sebagai Upaya Pembangunan Berkelanjutan dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia. Perspektif hukum, 106-126.

Maria Nooza Airawati, I. F. (2023). POTENSI PENERAPAN EKONOMI BIRU DALAM MENDUKUNG PARIWISATA BERKELANJUTAN DI WILAYAH PESISIR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Buletin Ilmiah MARINA Sosial Ekonomi Kelautan dan, 223-369.

Naila Najma Alifa, M. S. (2024). PENGEMBANGAN EKONOMI BIRU SEBAGAI STRATEGI INDONESIA MENUJU EKONOMI MAJU. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 48-65.

Nurlaili, A. S. (2023). PENGEMBANGAN TATA KELOLA EKONOMI BIRU UNTUK MEMPERKUAT BLUE ECONOMY DEVELOPMENT INDEX DI INDONESIA. JURNAL PERIKANAN DAN KELAUTAN, 67-75.

Salsabilah Wahyu Aprillia, N. N. (2023). Aspek Yuridis Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Mendukung Perkembangan Pariwisata Bahari di Indonesia. Padjajaran Law Review, Volume 11, Nomor 2.

Satria, T. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI PESISIR KABUPATEN GUNUNGKIDUL BERBASIS INTERCONNECTED GOVERNANCE. Spirit Publik Jurnal Administrasi Publik, 177.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 26 times
PDF Download : 14 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anis Malihatin, Vera Maria, Aprillia Aprillia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.