Realisasi Penanganan Special Cargo Outgoing pada PT Angkasa Pura Logistik Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang

Niswatun Noerhaeni(1), Aditya Dewantari(2),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
(2) Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Proses penanganan special cargo yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura Logistik pada Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang berpedoaman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Namun, terdapat ketidaksesuai yang terkait penanganan dari special cargo dengan prosedur yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realisasi dari penanganan special cargo, hambatan dalam penanganan special cargo, dan upaya dalam menghadapi hambatan dalam penanganan special cargo outgoing pada PT Angkasa Pura Logistik Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, proses pengumpulan data didapatkan melalui wawancara kepada petugas, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan enam orang narasumber dari PT Angkasa Pura Logistik. Hasil penenelitian menunjukkan bahwa penanganan special cargo outgoing oleh PT Angkasa Pura Logistik belum terealisasi dengan baik. Terdapat satu penanganan yang terlewatkan oleh petugas dalam menanganni special cargo. Dalam penanganan special cargo outgoing hambatan yang muncul adalah saat petugas harus lebih teliti untuk mencari special cargo yang akan berangkat dan petugas yang harus membatu memperbaiki atau memberitahukan kepada pihak EMPU jika terdapat kerusakan kemasan. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut adalah dengan cara membangun komunikasi dan koordinasi antara petugas dengan petugas, petugas dengan pihak EMPU pengirim, maupun petugas dengan pihak airlines.


Keywords


Penanganan, Special Cargo Outgoing, Standar Operasional Prosedur (SOP)

References


Achir, M. M., Suryawan, R. F., Maulina, E., & Tannady, H. (2022). Penanganan Kargo Incoming Dalam Menunjang Kelancaran Pengiriman Barang (Tinjauan Empat Aspek). Jurnal Transportasi, Logistik, Dan Aviasi. Vol. 1, No. 2, 147– 152.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan. Vol. 6, No. 1, 974–980.

Anggraeni, S. M., & Rachmawati, D. (2022). Analisis Penanganan Kargo Pt. Angkasa Pura Logistik Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Jawa Timur. Jurnal Multidisiplin Ilmu. Vol. 1, No. 4, 681–685.

Angkasa Pura Airports. Diakses pada November 2023, dari https://ap1.co.id/id/information/news/detail/pt-angkasa-pura-logistik

Anriyani. (2021). Analisis Penanganan Cargo Outgoing terhadap Kelancaran Operasional pada Terminal Kargo PT Angkasa Pura 1 Balikpapan. EJournal Administrasi Bisnis. Vol. 9, No. 2, 180–185.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, No. 2, 1–9.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. Vol. 12, No. 3, 145–151.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 53. (2017). Pengamanan Kargo dan Pos Serta Rantai Pasok (Supply Chain) Kargo dan Pos Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara. Bab 1 Pasal 1

Prayudhista, E., & Putri, A. A. (2022). Analisis Work Instruction Cargo Handling oleh PT Angkasa Pura Logistik pada Masa Pandemi Covid-19 di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6, No. 1, 851–857.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. Vol. 17, No. 33, 81– 95.

Saputra, N., Yofianti, D., & Safitri, R. (2020). Perencanaan Pengembangan Terminal Kargo Bandar Udara Depati Amir. 37–40.

Soimun, A., & Navianti, D. R. (2022). Analisis Pemilihan Moda Pengiriman Barang pada Perusahaan Jasa Pengiriman Dan Freight Forwarding Wilayah Bali. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya. Vol. 7, No. 4, 297– 311.

Wahyu, I., & Meilani, I. (2022). Analisis Permintaan Kargo Udara pada Masa Pandemi di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6, No. 1, 934–944.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7, No. 1, 2896–2910.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 24 times
PDF Download : 15 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Niswatun Noerhaeni, Aditya Dewantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.