Tantangan dan Peluang Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah: Menuju Madrasah Unggul yang Berdaya Saing

Mochamad Yogie Alfikri(1), Sri Handayani(2), Chanifudin Chanifudin(3),


(1) SekolahTinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(2) SekolahTinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(3) SekolahTinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas tantangan dan peluang implementasi kurikulum merdeka di madrasah,dengan fokus pada upaya menuju madrasah unggul  yang berdaya saing. Tantangan utama termasuk keterbatasaan sumber daya,resistensi terhadap perubahan,dan integrasi dengan standar pendidikan nasional. Namun,peluang muncul melalui adaptasi lokal,kolaborasi dan penerrapan teknologi  pendidikan. Dalam konteks ini,kesuksesan implementasi kurikulum merdeka akan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan mempersiapkan peserta didik untuk bersaing secara global. Kurikulum merdeka menjadi angin segar untuk meningkatkan kualitas pendidikan indonesia,termasuk madrasah. Kurikulum ini mengedepankan pembelajaran berpusat pada peserta didik,selaras dengan tujuan madrasah untuk mencetak lulusan unggul.


Keywords


Kurikulum Merdeka Madrasah,Tantangan dan Peluang, Madrasah Unggul, Daya Saing

References


muliardi. “Mengembangkan Kreativitas Dan Karakter Bangsa Melalui Kurikulum Merdeka Di Madrasah.” Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora vol 02, no. no 01 (April 2023).

nasution, Abdul fattah. “Hambatan Dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu.” Journal on Education vol 05, no. no 04 (mei-agustus 2023).

sitorus, friska ria, kasih kristina waruwu, and adinda febry. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkatan Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan West Science 01, no. 06 (June 2023).

soleha, zachro, and kasori mujahid. “Analisis Hambatan Dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Kehidupan Sehari-Hari Guru.” Jurnal Penelitian Guru Indonesia vol 4, no. no 1 (January 2024).

solehudin, deni, tedi priatna, and qiqi yuliati zuqiyah. “Konsep Implementasi Kurikulum Prototype.” Jurnal Basicedu vol 6, no. no 04 (tahun 2022).

suharyanto. “Menuju Madrasah Ibtidaiyah Unggulan:Strategi Dan Tantangan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di Indonesia.” IJAR Indonesia Jurnal of Action Research vol.2, no. no.1 (mei 2023).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 23 times
PDF Download : 9 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mochamad Yogie Alfikri, Sri Handayani, Chanifudin Chanifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.