Kohesivitas Kelompok Warga Belajar Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Pekanbaru

Adinda Putri Dwifani(1), Wilson Wilson(2), Wilasari Arien(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan kohesivitas kelompok warga belajar Paket B di SKB Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada 3 informan inti dan 2 informan kunci. Diperoleh hasil bahwa kohesivitas kelompok warga belajar Paket B di SKB Kota Pekanbaru pertama, motivasi kelompok diketahui bahwa warga belajar Paket B memiliki motivasi kelompok ditunjukkan dengan mereka memiliki rasa kemauan untuk belajar bersama di dalam kelompok belajarnya tanpa disuruh. Kedua daya tarik, diketahui bahwa warga belajar Paket B memiliki daya tarik ditunjukkan dengan mereka mau ikut berkontribusi di dalam kelompoknya. Ketiga dari komitmen tinggi, diketahui bahwa warga belajar Paket B memiliki komitmen tinggi ditunjukkan dengan mereka memiliki ketetapan yang telah disetujui secara bersama dan mereka telah memenuhi aturan. Terakhir solidaritas, diketahui bahwa warga belajar Paket B memiliki solidaritas ditunjukkan dengan mereka saling menjaga keharmonisan dengan menghargai perbedaan usia, latar belakang serta merasa saling percaya.


Keywords


Kohesivitas Kelompok, Warga Belajar Paket B, Sanggar Kegiatan Belajar

References


Achmad.D, Oktaviansyah, (2008). Hubungan antara kohesivitas kelompok dengan komitmen terhadap organisasi pada karyawan universitas muhammadiyah surakarta. Indigenous. Jurnal ilmiah berkala psikologi, 10(1), 58-67.

Griffin, Ricky W, 2003. Manajemen Jilid 1. Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Hermaini, Anastasia, Agung, dan Munthe. 2016. Psikologi Kelompok. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Istiqomah, Nurul dkk. 2017. Evaluasi Mutu Layanan Pendidikan Kesetaraan pada PKBM Citra Ilmu di Semarang. Journal of Non Formal Education. 3. (2): 149-157.

Kristanti, D. N., & Jannah, M. (2022). Hubungan Kohesivitas Kelompok Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Futsal Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 55-64.

Kristanti, D. N., & Jannah, M. (2022). Hubungan Kohesivitas Kelompok Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Futsal Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 55-64.

Nikmaturrohmah, N., & Triwardhani, IJ (2019). Kohesivitas Kelompok dalam Komunitas Transmania.

Rahayu, Y. (2013). Peranan Motivasi Terhadap Ketakutan Dan Kekuatiran Dalam Meraih Tujuan (Studi Kasus Mahasiswa Pasca Magister Manajemen Ubb). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2).

Saidang, S., & Suparman, S. (2019). Pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial antara pelajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 122-126.

Saputra, Wendy Ariyadi dan Sungkowo Edy Mulyono. 2015. Pembelajaran Kejar Paket C yang Terintegrasi Life Skill di UPTD SKB Ungaran. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. 4. (2): 143-150.

Sari, D. K. (2014). Dinamika aspek komitmen pada jiwa korsa resimen mahasiswa: Studi kasus di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Selfiani, E. (2020). Assiyulungeng (Studi Solidaritas Sosial Pada Masyarakat Bila Di Kabupaten Soppeng)(Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Soulisa, M. S. (2018). Aroha sebagai Sarana Solidaritas Sosial: Studi tentang Tradisi Keagamaan Masyarakat Negeri Hena Lima. Dialektika, 8(1).

Supriadi, H. (2017). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2).

Tutiasri, R. P. (2016). Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok. Jurnal Channel, 4(1), 81-90.

Waskito, Y. A. (2015). Kohesivitas Kelompok Pada Team Bola Basket Putr Universitas Katolik Soegijapranata Semarang (Doctoral dissertation, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 20 times
PDF Download : 8 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adinda Putri Dwifani, Wilson Wilson, Wilasari Arien

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.