Peran Bimbingan Konseling Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Siswa

Oksari Sihaloho(1), Apri Sara Banjarnahor(2), Dio Alpian Sitio(3), Glory Nadine Silalahi(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Di era Society 5.0 saat ini, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup individu dan jugas memberikan pemahaman dan keterampilan yang relevan kepada siswa agar dapat berkembang secara efektif dan produktif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menggali pengetahuan, gagasan, dan temuan informasi melalui penelitian terdahulu yang meneliti tentang peran bimbingan konseling dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi siswa. Melalui layanan ini, siswa dibantu dalam mengembangkan nilai-nilai penting seperti religius, nasionalis, mandiri, dan gotong royong. Bimbingan dan konseling di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa mengembangkan potensi, karakter, dan perilaku yang diharapkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Konselor sekolah perlu memahami karakteristik siswa yang dibimbingnya dan memberikan layanan bimbingan dan konseling secara efektif untuk membantu siswa mencapai perkembangan kemampuan dan pola perilaku yang diharapkan.


Keywords


Bimbingan Konseling, Profil Pelajar Pancasila, Siswa Berkarakter

References


Abadi, Putri Dinda. Hidayah Nur. Wahyuni Fitri. 2024. Pendekatan Multikultural dalam Layanan Bimbingan Konseling guna Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi Berkebhinekaan Global. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol (8) (2).

Agus Akhmadi (2022) Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil “Alamin Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah, Jurnal Perspektif, Balai Diklat Keagamaan Surabaya.

Cahyono, Tri. 2022. Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Pengetahuan Profil Pelajar Pancasila. Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal. Vol (5) (2).

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 1–50.

Kemendikbud. (2021a). Capaian Pembelajaran. In Balitbangbuk

Kemendikbud. (2021b). Model Inspiratif Layanan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tri Cahyono (2022) Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo Tarakan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 24 times
PDF Download : 9 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Oksari Sihaloho, Apri Sara Banjarnahor, Dio Alpian Sitio, Glory Nadine Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.