Metode Keteladanan dan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Fatma Zahra(1), Nurhasanah Putri Nilasari(2), Chanifudin Chanifudin(3),


(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Corresponding Author

Abstract


Keteladanan dalam pendidikan Islam merupakan pendekatan efektif yang memengaruhi perilaku dan sikap individu. Penelitian ini membahas bentuk, langkah-langkah, kelebihan, dan implementasi metode keteladanan serta metode pembiasaan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode keteladanan melibatkan pemberian contoh perilaku baik, baik secara disengaja maupun tidak, dan melibatkan guru sebagai teladan utama. Langkah-langkahnya meliputi menjadi teladan dalam ibadah dan akhlak, memberikan contoh nyata, dan menggunakan kisah teladan dari tokoh agama. Kelebihannya antara lain memudahkan penerapan ilmu, mempererat hubungan gurusiswa, dan mempengaruhi capaian tujuan pendidikan. Implementasinya dapat dilakukan dalam pembelajaran akhlak, dengan menyampaikan contoh nyata dan menggunakan kisah teladan. Metode pembiasaan, sementara itu, melibatkan proses membuat kebiasaan tertentu menjadi biasa bagi anak didik, dengan syarat-syarat tertentu seperti konsistensi dan kesadaran. Langkah-langkahnya mencakup pelatihan, pengingat, apresiasi, dan menghindari celaan. Kelebihannya meliputi efisiensi waktu dan mengubah kebiasaan negatif menjadi positif. Implementasinya dapat dilihat dalam pembiasaan membaca AlQur'an sebagai ritual ibadah. Kesimpulannya, metode keteladanan dan pembiasaan adalah pendekatan yang efektif dalam membentuk karakter dan perilaku anak didik dalam pendidikan agama Islam, dengan perluasan penggunaan dalam pembelajaran akhlak dan ritual ibadah.


Keywords


Keteladanan Dalam Pendidikan Islam, Perilaku dan Sikap Individu, Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan

References


A. Mustika Abidin, Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Kependidikan, Vol. 12, No. 2, (2018)

Abdul Hamid, Penerapan Metode Keteladanan Sebagai Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Al-Fikrah Vol. 3 No. 2, (2020)

Abdullah B., Ilmu Pendidikan Islam, (Makasar : Allaudin University Press, 2018)

Ali Mustofa, Metode Keteladanan Dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Studi Keislaman, Vol. 5, No. 1, (2019)

Apriani, Penerapan Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Islami Anak Di Dusun Rumbia Desa Lunjen Kec. Buntu Batu Kab. Enrekang, (UIN Alauddin Makassar, 2021)

Chanifudin. dkk, 2020, Rekontruksi Kurikulum Pendidikan Islam (Analisis Pengembangan Dan Materi Pendidikan Islam). Jurnal Academika.

Hafsah Sitompul, Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Dan Pembentukan Sikap Pada Anak, Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 04, No. 01 (2016)

Khalifatul Ulya, Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota, Jurnal Pendidikan, Vol 1, No1, (2020)

Moh Ahsanulkhaq, Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. 2 No. 1, (2019)

Nursilawati, Nilai Pendidikan Dalam Hadist Nabi Riwayat Abu Daud Dan Relevansinya Tentang Perintah Sholat Terhadap Anak, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol.2, No. 4, (2022)

Nurul Hidayat, Metode Keteladanan Dalam Pendidikan Islam, Ta’allum, Vol. 03, No. 02, (2015)

Nurul Ihsani, Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini, Jurnal Ilmiah Potensia, Vol.3, No. 1, (2018)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 36 times
PDF Download : 13 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatma Zahra, Nurhasanah Putri Nilasari, Chanifudin Chanifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.