Pentingnya Kolaborasi Orang Tua, Sekolah, dan Masyarakat dalam Mendukung Pendidikan Karakter Anak

Irna Saputri(1), Salsabila Inda Rafifah(2), Chanifudin Chanifudin(3),


(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pentingnya kolaborasi antara orang tua, sekolah, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan karakter anak. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan menitikberatkan pada kajian pustaka dan observasi. Melalui analisis terhadap berbagai sumber literatur serta pengamatan terhadap dinamika interaksi antara ketiga entitas tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi yang kokoh antara orang tua, sekolah, dan masyarakat menjadi kunci dalam membentuk karakter anak secara holistik dan efektif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua sebagai model, sekolah sebagai lembaga formal pendidikan, dan masyarakat sebagai lingkungan sosial tempat anak-anak tumbuh dan berkembang, saling melengkapi dalam memberikan dampak positif pada perkembangan karakter anak. Meskipun terdapat sejumlah tantangan seperti perbedaan nilai, kendala komunikasi, dan keterbatasan sumber daya, kolaborasi yang sinergis dan koordinasi yang efektif dapat mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Dengan demikian, kolaborasi yang kuat antara orang tua, sekolah, dan masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam membentuk generasi masa depan yang memiliki moralitas, etika, dan nilai-nilai positif yang kuat.


Keywords


Pendidikan Karakter, Orang Tua, Sekolah, Masyarakat

References


Agus, Wibowo. Managemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 2013.

Anas Salahudin, Irwanto Alkrienciechie. Pendidikan Karakter. Bandung: CV. Pustaka Setia., 2013.

Arriani, Farah. “Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital.” Available online at JECE (Journal of Early Childhood Education) 1, no. 2 (2019).

Azzet Akhmad Muhaimin. Pendidikan Yang Membebaskan. Jogjakarta: Ar. Ruzz Media., 2014.

Fraenkel, Jack R. How to Teach about Values: An Analytical Approach. Englewood: NJ: Prentice Hall, 1997.

Ginanjar, Oleh M Hidayat. “Keseimbangan Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 02 (2013).

Karmila, Chanifudin. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penanaman Nilai- Nilai Multikultural Di Smp Negeri 02 Tasik Putri Puyu 1,2.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman 3, no. 3 (2023).

Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.

Khoirroni, Inayah Adhani, Roni Patinasarani, Nur Indah Hermayanti, and Gunawan Santoso. “Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) 02, no. 02 (2023): 273.

Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo., 2007.

Maunah. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter 5, no. 1 (2019): 98.

Munawwaroh, Siti. “Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” A N W A R U L Jurnal Pendidikan dan Dakwah 3, no. 5 (2023): 1044–1054.

Samani, Muchlas dan Hariyanto, M.S. Konsep Dan Model. Pendidikan Karakter. Jakarta: Rosda Karya, 2013.

Setiardi, Dicky. “Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak.” Jurnal Tarbawi 14, no. 2 (2017): 139.

Subianto, Jito. “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013).

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan. Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2012.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 22 times
PDF Download : 6 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irna Saputri, Salsabila Inda Rafifah, Chanifudin Chanifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.