Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Imam Syafi'i: Pendekatan Hukum dan Keadilan Dalam Pembelajaran

Fatma Zahra(1), Irna Saputri(2), Ika Kurnia Sofiani(3),


(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Corresponding Author

Abstract


Sebagai tokoh Islam, Imam Syafi’i yang sementara hanya dikenal sebagi pakar fiqh, hadist, bahasa, dan kalam, jarang yang mengungkap pemikiran beliau di bidang pendidikan, padahal jika dikaji secara mendalam didapati bahwa beliau sebagai role model dalam merealisasikan pendidikan Islam yang berkualitas. Pemikiran Imam Syafi’i tentang pendidikan. Imam Syafi’i lebih dikenali sebagai ulama fiqh, namun beliau memberi sumbangan yang tidak kurang hebatnya dalam bidang pendidikan. Beliau lebih mengedepankan masalah adab/akhlak dalam kurikulum pendidikannya. Hal ini terlihat dari berbagai syair beliau yang mengedepankan masalah adab bagi para penuntut ilmu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis deskriptif untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang Mazhab Syafi’i sebagai paradigma dalam pemikiran dan penetapan hukum Islam di Indonesia. Dengan menganalisis data dari literatur yang relevan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih jelas tentang kontribusi Mazhab Syafi’i dan perbedaannya dengan mazhab-mazhab lain dalam konteks Indonesia


Keywords


Metode Pendidikan, Pemikiran, Konsep Hukum dan Keadilan

References


Erwin Harianto. Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. DIDAKTIKA, Vol. 9, No. 4, November 2020.

Laurensius Arliman S. Mewujudkan Penegakan Hukum yang Baik untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Negara Hukum. Doctrinal Vol 2, No. 2 (2017).

Melisa, dkk. Kedudukan Hukum dalam Mewujudkan Keadilan dan Kesejahteraan di Indonesia. Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam Volume 5 Number 1 (2023).

Rahmat Hidayat. Pemikiran Pendidikan Islam Imam As-Syafi’i dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Almufida Vol III No. 01 Januari- Juni 2018.

Sahrah. Pembelajaran Nahwu di Madrasah Quran Wa Al Hadits (MQWH) Pondok Pesantren Al-Aziziyah Kapek Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. El- Tsaqâfah Volume X VI, Nomor 2, Juli-Desember 2017.

Syaibatul Hamdi dan Sumardi Efendi. Konsep Keadilan Delik Pembunuhan Dalam Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam. MAQASIDI: Jurnal Syariah dan Hukum Vol. 2, No. 2, Desember 2022.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 19 times
PDF Download : 6 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fatma Zahra, Irna Saputri, Ika Kurnia Sofiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.