Persepsi Masyarakat Terhadap Partisipasi Perempuan Dalam Politik di Kelurahan Siderejo Kecamatan Medan Tembung

Margaret Pangaribuan(1), Julia Ivanna(2),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap partisipasi perempuan dalam politik di Kelurahan Siderejo Kecamatan Medan Tembung. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah dengan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kelurahan Siderejo Kecamatan Medan Tembung masyarakat memandang perempuan sebagai anggota legislatif dengan cara yang berbeda. Sebagian besar masyarakat menilai anggota legislatif perempuan yang sangat baik karena perjuangannya untuk hak-hak perempuan dan masalah sosial lainnya. Namun sebagaian masyarakat juga menilai tidak baik dikarenakan perbedaan gender dan kekurangan dukungan struktural.lainnya. Masyarakat harus belajar tentang pentingnya keterwakilan gender dalam politik, mendapatkan dukungan yang lebih besar dari media, dan membuat kebijakan yang mendorong perempuan untuk berpartisipasi dalam politik. Selain itu, lembaga dan organisasi harus membantu perempuan legislator menghadapi kesulitan dan menunjukkan kemampuan mereka untuk membawa perubahan.


Keywords


Partisipasi Perempuan Dalam Politik

References


Hevriansyah, A. (2021). Hak Politik Keterwakilan Perempuan Dalam Sistem Proporsional Representatif Pada Pemilu Legislatif. Awasia: Jurnal Pemilu Dan Demokrasi, 1(1), H 67-85.

Keterwakilan Politik Perempuan Dalam Pemilu Legislatif Provinsi Riau. (2014).

Kollo Fredik Lambertus, 2017 Emanratu, P. F., & Saumlaki, D. S. (2020). Kepemimpinan Perempuan Dalam Perspektif Masyarakat Desa. Jurnal Otonomi – Stia Trinitas, 13(25), 1–8.

Kollo Fredik Lambertus. (2017). Budaya Patriarki Dan Partisipasi Perempuan Dalam Bidang Politik. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan Iii, November, 317.

Ratnasari, D., Panggabean, H., & Marta, R. F. (2021). Persepsi Kesetaraan Jender Terhadap Perempuan Anggota Dpr Pada Jabatan Strategis Di Dpr. Palastren: Jurnal Studi Gender, 14(1), 33.

Ritonga, S., & Humaira, L. (2013). Pandangan Masyarakat Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung Terhadap Kepemimpinan Wanita. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik …, 1(2), 15–23.

Suciptaningsih, O. A. (2013). Partisipasi Perempuan Dalam Lembaga Legislatif Di Kabupaten Kendal. Komunitas: International Journal Of Indonesian Society And Culture, 2(2), 66–73.

Sulastri, R. (2020). Khazanah Multidisiplin Vol 1 No 2 2020 Hambatan Dan Tantangan Perempuan Anggota Legislatif Pasca Affirmative Action Rini Sulastri Sosiologi Fisip Uin Sunan


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 23 times
PDF Download : 13 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Margaret Pangaribuan, Julia Ivanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.