Analisis Pengaruh Self Efficacy dalam Peningkatan Kemampuan Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis

Nugraha Rio Wijaya Iswanto(1), Novianda Rezki Putri(2), Edi Suyanto(3),


(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
(3) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-efficacy terhadap peningkatan kemampuan berbicara (maharah kalam) mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di STAIN Bengkalis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan angket self-efficacy dan tes maharah kalam sebagai instrumen pengumpulan data, yang kemudian dianalisis secara statistik menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara mahasiswa, dengan nilai t hitung (3,786) yang lebih besar dari t tabel (2,364) dan nilai signifikansi (0,005) lebih kecil dari 0,10. Pengalaman positif dalam berbicara bahasa Arab, seperti keberhasilan dalam presentasi dan dukungan dari teman sekelas dan dosen, meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mahasiswa untuk berlatih lebih intensif. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pengembangan self-efficacy sebagai strategi untuk mengatasi hambatan psikologis dalam pembelajaran bahasa Arab, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kompetensi berbicara mahasiswa secara signifikan.


Keywords


Self-efficacy, Maharah Kalam

References


Al-Bashir, Ahmad Abd Allah. Mudhakkirah Ta’lim Al-Kalam,. Jakarta: Ma’had al-Ulum al-Islamiyah wa al-Arabiyah bi Indunisiya, n.d.

Alwisol. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang: Umm Press., 2012.

Bandura, A. Self Efficacy : Encyclopedia of Human Behaviour. New York: Academic. Press., 1994.

Fatmah, Nor, and Hemy Heryati Anward. “Efikasi Diri Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD Terkait Kecemasan Berbicara Di Depan Umum.” Psikodinamika : Jurnal Literasi Psikologi 1, no. 1 (2021).

Gebrylia Miliani Tri Subekti, Riza Yonisa Kurniawan. “Pengaruh Self Regulated Learning, Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Smanisda.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI) 7, no. 2 (2022).

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2009.

Ni’mah, Abd. Wahab Rosyidi & Mamlu’atul. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Pervin, Cervone, John. Personality Theory and Research. 8 Th Edition. New york: John Willey & Sons, 2001.

Samsu Hilal, Julio Eiffelt Rossafelt Rumbiak. “Self Efficacy, Adversity Quotient, Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam 03, no. 01 (2022).

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu., 2006.

Sunyoto, Danang. Analisis Regresi Dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Media Pressindo, 2009.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 24 times
PDF Download : 8 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nugraha Rio Wijaya Iswanto, Novianda Rezki Putri, Edi Suyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.