Pengembangan Pembelajaran Membuat Belahan Manset Kemeja Menggunakan Media Video Tutorial Animasi pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 10 Medan
(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terbatasnya materi pendidikan yang digunakan oleh folder kelas, terutama ketika pembelajaran dilanjutkan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dokumen animasi instruksi pembuatan celah manset bidang sandang industri dan mengetahui kelayakan dokumen animasi instruksi pembuatan celah manset bidang sandang industri di SMK Negeri 10 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Medan dan sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari siswa Kelas XI Tata Busana yang berjumlah 34 orang. Hasil dari proses penelitian dan pengembangan tersebut adalah terciptanya produk multimedia pembelajaran berupa video animasi cara menggorok manset baju. Kelayakan materi pembelajaran Petunjuk pembuatan celah manset dengan video animasi berdasarkan ahli materi 96,66 dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil penelusuran Ahli Media 93,33 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penelitian eksperimen terhadap siswa mencapai 87,52% dengan kriteria “Baik” dan hasil penelitian eksperimen kualifikasi guru mencapai 94% “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan video pembelajaran animasi untuk pembelajaran gerakan manset baju dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di SMK Negeri 10 Medan.
Keywords
References
Yudianto,A. (2019) Penerapan Video Sebagai Media Pembelajran. Sukabumi: Perpus ID UMMI
M. Ema. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pewarnaan Teknik Kering Mata Pelajaran Desain Busana Di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarat. Yogyakarta
Putra, N. (2019). Research and Development: Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengentar. Jakarta: Rajawali.
Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Rifai, Wahyu. M. (2020). Pembuatan Dan Perancangan Film Animasi 2D
"Dream" Menggunakan Teknik Frame By Frame. Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Masmuroh. (2018). Komparasi Hasil
Pembuatan Kemeja Menggunakan Pola Sistem M.H. Wancik dan Sistem Soekarno. Fashion and Fashion Education Journal. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Kurniawan Dian, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencasto-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4D Thiagarajan. 214-219.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Article Metrics
Abstract View : 146 timesPDF Download : 81 times
DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dina Ampera, Dermawan Pakpahan, Aurora Avengelisty, Desria Mita Silitonga, Marisa Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.