Hubungan Kejadian Dismenorea Primer dengan Kualitas Tidur pada Remaja Putri

Nadia Wulandari(1), Bayhakki Bayhakki(2), Hellena Deli(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Pendahuluan: Dismenorea merupakan rasa sakit yang terjadi diperut bagian bawah yang terjadi pada saat tidur dan berhubungan dengan kualitas tidur dimana itu terdiri dari seberapa lama seseorang membutuhkan waktu sampai tertidur (latensi), lamanya waktu tidur (durasi), dan komponen lain yang sifatnya variatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kejadian dismenore primer dengan kualitas tidur pada remaja putri. Metode:Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 194 orang mahasiswi keperawatan yang diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik puposive sampling.Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner dan analisis yang digunakan yaitu analisis bivariat dengan menggunakan uji spearman rank. Hasil:Kejadian dismenore yang terbanyak adalah kategori berat berjumlah 92 orang (47,4%) dan 179 responden (92,3%) menunjukan kualitas tidur buruk. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kejadian dismenore primer dengan kualitas tidur (p value 0,021) < alpha (0,05). Kesimpulan: Penelitian menunjukkan hasil dimana terdapat hubungan yang signifikan antara kejadian dismenore primer dengan kualitas tidur mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Riau pada angkatan 2022 dan angkatan 2023.


Keywords


Dismenore primer, Kualitas Tidur, Remaja Putri

References


Azzulfa, N., Proborini, C. A., & Arradini, D. (2019).Hubungan DisminoreDengan Tingkat Kualitas Tidur Pada Remaja di MTSMuhammadiyah Blimbing, Polokarto, Sukoharjo.JurnalIlmiah Maternal, 3(2).

Hailemeskel, S., Demissie, A., & Assefa, N. (2016). Primary dysmenorrhea magnitude, associated risk factors, and its effect on academic performance: evidence from female university students in Ethiopia. International journal of women's health, 489-496.

Nashori, F. (2017).Psikologi Tidur: Dari Kualitas Tidur Hingga Insomnia. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia

Wijayanti, Widyaloka, D., Susilowati, Tri & Maryatun.(2017). Hubungan Tingkat Nyeri Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Dismenore Di Smk Negeri 1 Sukoharjo.Diploma / Sarjana Thesis STIKES 'Aisyiyah Surakarta 4(2).

Yusuf, R. D., Irasanti, S. N., F.M., F. A., Ibnusantosa, R. G., & Sukarya, W. S. (2019). Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Kejadian Dismenore Primer pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung.Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 1(2),135–139.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 22 times
PDF Download : 7 times

DOI: 10.57235/hemat.v1i2.2881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadia Wulandari, Bayhakki Bayhakki, Hellena Deli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.