Pancasila Sebagai Ideologi Nasional Dalam Pandangan Mahasiswa

Sukma Hadisti Nasution(1), Tria Annisa Rahmadhani(2), Janny Aulia Sari Hasibuan(3), Usiono Usiono(4),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Corresponding Author

Abstract


Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan ideologi Indonesia yang menjadi landasan dalam pembangunan dan kehdiupan berbangsa dan bernegara. Nama ini terdiri dari dua kata dri bahasa sansekerta “panca” berarti lima dan “sila” berarti prinsip atau asas. Tujuan dari mini riset ini adalah untuk mengetahui seberapa potensinya mahasiswa mengetahi tentang ideologi. Metode penelitian ini dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan IKM UINSU yang berada di Tungtungan pada semester ganjil tahun 2023/2024 yang sedang mengambil mata kuliah Pancasila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan wawancara. Hasil dan pembahasannyaIdeologi nasional mencakup ideologi negara dan ideologi yang berhubungan dengan pandangan hidup bangsa, Faktor Pendorong yaitu : adanya tekad dan keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia, adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia. Faktor Penghambat yaitu: kurangnya toleransi antargolongan, kurangnya kesadaran dari masyarakat Indonesia terhadap ancaman dan gangguan dari luar.


Keywords


Pancasila, Ideology

References


Aini Shifana Savitri, and Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Implementasi Nilai - Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Di Era Globalisasi.” Inventa 5(2):165–76. doi: 10.36456/inventa.5.2.a3549.

Dewi, Nabilla Nurulita, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat Bagi Generasi Z.” Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora 2(1):1–6.

Nurrohman, Irfan. 2015. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Moral Pelajar Di Era Globalisasi.” 1–4.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 45 times
PDF Download : 34 times

DOI: 10.57235/jerumi.v2i1.1825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tria Annisa Rahmadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.